Rabu, 09 Februari 2011

feng shui

 

5 UNSUR ELEMEN lambang sifat manusia



Ada 5 unsur elemen yang mampu melambangkan 5 sifat dan pendirian manusia yang berbeda yaitu
  1. logam
  2. air
  3. kayu
  4. api
  5. tanah
Logam
Unsur Logam melambangkan sifat kaku dan keras sesuai dengan tingkat maksimal dalam shio mereka. Orang-orang yang berada dalam unsur ini dituntun oleh perasaan yang kuat dan akan mengejar tujuan mereka dengan tekun dan tanpa ragu. Didukung oleh tekad mereka, mereka mampu terus berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Biasanya mereka ambisius dan tidak tergoyahkan dalam keyakinan mereka.


Orang-orang ini tidak dapat dengan mudah diombang-ambingkan atau dipengaruhi untuk mengubah suatu jalan yang telah mereka tentukan, meskipun oleh kesulitan, kemunduran atau kegagalan. Seberapapun keteguhan dan kegigihan yang mereka miliki sesuai dengan karakteristik shio mereka, mereka yang dilahirkan dengan unsur logam justru akan diperkuat oleh unsur Logam yang ada.

Unsur Logam cenderung memilih memecahkan masalah yang dihadapi sendiri dan tidak akan menghargai campur tangan atau bantuan yang tidak mereka harapkan. Mereka memiliki tujuan, melancarkan jalan serta mewujudkan cita-cita mereka tanpa bantuan dari pihak lain. Mereka memiliki naluri yang kuat tentang keuangan dan materi, dan akan menggunakannya untuk mendukung jiwa mandiri serta selera mereka yang tinggi terhadap kemewahan, kemakmuran dan kekuasaan. Akan tetapi mereka kadang juga mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan keadaan yang tidak lagi dapat dikendalikan atau diterima oleh jalan pikiran mereka yang teguh.

Agar dapat benar-benar efektif, unsur Logam perlu berkompromi dan tidak terlalu berpegang pada prinsip. Sering kali, mereka bersikap terlalu kaku dan teguh pada pendapat sendiri sehingga dapat merusak suatu hubungan yang baik hanya karena orang lain tidak mau memenuhi atau menyesuaikan diri dengan keinginan mereka.


Air
Unsur Air mempunyai kemampuan besar untuk berkomunikasi dan melaksanakan ide-ide yang ada dengan cara mempengaruhi orang lain untuk mewujudkannya. Mereka mencapai keinginannya dengan menunjukkan dan memanfaatkan bakat serta kemampuan orang lain. Mereka akan lebih dikendalikan oleh perasaan, namun hal ini akan tergantung dengan shio yang mereka miliki. Meskipun demikian, pendekatan mereka tidak pernah membuat orang lain merasa telah dimanfaatkan.
Mereka memiliki bakat dan naluri yang tinggi dalam menebak hal-hal yang akan menjadi penting dan berpotensi di masa depan. Sesuai dengan karakteristik Air, mereka menyingkirkan penghalang terbesar dengan tenang disertai usaha yang terus-menerus atau konsisten. Mereka berbakat dalam membuat orang menginginkan apa yang ingin mereka capai -- dengan kata lain, mendorong daripada memaksa orang untuk melakukan suatu tindakan. Salah satu sisi negatif adalah terlalu mudah terbawa lingkungan atau cenderung untuk memilih jalan termudah. Ciri terburuk mereka adalah dapat bersikap labil dan pasif atau terlalu menggantungkan diri pada orang lain.

Karena naluri mereka yang peka terhadap perasaan orang dan suasana lingkungan, mereka berubah-ubah seperti unsur yang mewakilinya. Agar dapat berhasil, mereka harus bersikap lebih meyakinkan dan menggunakan kemampuan persuasif mereka yang besar untuk mewujudkan ide-ide mereka. Orang lain semestinya dengan suka rela akan mengikuti naluri mereka.


Kayu
Unsur Kayu melambangkan moral yang tinggi dan rasa percaya diri yang tinggi. Mereka berbakat dalam membagi dan memisahkan berbagai masalah dalam kategori yang benar agar sesuai dengan tujuan. Sifat maju dan murah hati yang mereka miliki memungkinkan mereka dalam melaksanakan proyek-proyek besar, perkembangan jangka panjang dan rencana atau penelitian ilmiah yang strategis. Minat mereka juga sangat luas dan beragam, dan kemampuan untuk bekerja sama akan mendukung mereka untuk melakukan hal-hal dalam skala besar.
Mereka mampu meyakinkan orang lain untuk bekerja sama dengan mereka. Mereka melakukan perluasan dengan cepat dalam berbagai bidang kapan saja terdapat kesempatan, karena mereka menginginkan perkembangan yang terus menerus dan tindakan pembaharuan. Mereka mau membagi keuntungan yang mereka dapatkan dengan orang-orang yang pantas mendapatkannya. Niat baik mereka, serta pengertian yang dalam terhadap cara berpikir dan cara kerja orang lain dapat mendukung mereka ke posisi yang sangat menguntungkan. Biasanya mereka dengan mudah mendapatkan bantuan dan biaya dari orang-orang yang membutuhkan kemampuan mereka untuk mengubah informasi dan ide menjadi keuntungan.

Kelemahan terbesar untuk mereka yang lahir dalam Unsur Kayu adalah, mereka cenderung terlalu banyak mengerjakan seorang diri hingga yang akhirnya tidak mampu menyelesaikan apa yang telah mereka mulai. Rencana-rencana mereka dapat mengalami kegagalan atau mereka dapat berpindah dari satu proyek ke yang lain tanpa hasil yang memuaskan.


Api
Unsur Api akan menunjukkan bakat-bakat kepemimpinan yang tinggi; cepat mengambil keputusan dan percaya pada diri sendiri. Mereka adalah motivator yang baik dan mampu mewujudkan ide-idenya, karena mereka lebih agresif dibanding orang lain yang lahir di bawah shio yang sama. Mereka menggemari petualangan dan inovasi, akibatnya mereka selalu siap melaksanakan ide-ide baru dan akan berusaha mendominasi orang lain dengan kreatifitas, keaslian serta kemampuannya dalam menanggung resiko.
Mereka memiliki semua ketentuan untuk menjadi pemenang utama, asalkan mereka mau menghargai pandangan dan mendengarkan pendapat orang lain sebelum melakukan suatu tindakan. Mereka seharusnya mengembangkan sifat sebagai pendengar yang baik dan mengendalikan kecenderungan mereka untuk bersikap impulsif. Banyak dari orang-orang api yang juga cenderung untuk terlalu berani dalam mengemukakan pendapatnya.

Seperti unsurnya, Api, mereka selalu menarik orang lain menuju kehangatan dan kecerdasan mereka, dan dapat menguntungkan orang-orang yang bekerja sama dengan mereka. Meskipun demikian, mereka harus mampu mengendalikan emosi, karena ambisi dan niat mereka yang menggebu-gebu dapat memperbesar sifat egois mereka hingga mereka bersikap sembrono dan tidak sabaran bila keinginan mereka tidak terwujud. Makin banyak seorang api berusaha mewujudkan keinginannya dengan kekuatan atau kekerasan, makin sering pula ia menghadapi perlawanan dan kesulitan. Mereka juga dapat bersikap sembrono dan menyebabkan kerusakan yang besar bila mereka gagal mengontrol dan mengarahkan energi mereka dengan tepat.


Tanah
Unsur tanah lebih memperhatikan tujuan-tujuan praktis daripada impian. Mereka memiliki pemikiran yang luar biasa dan menyukai tujuan yang nyata. Dengan visi mereka serta kemampuan untuk mengorganisasi, mereka adalah perencana dan pengelola yang efektif. Mereka akan menggunakan segala potensi yang mereka temukan secara optimal dan cenderung bijaksana dan teliti dalam masalah keuangan. Mereka cerdas dan obyektif dalam menuntun orang lain untuk mewujudkan tujuan yang telah direncanakan dengan matang. Pada umumnya mereka adalah orang-orang yang serius dan metodis dalam cara kerja dan dapat mengorganisasi dan menjalankan segala jenis bisnis yang menuntut pengelolaan yang tegas. Mereka dapat diandalkan untuk memikul tanggung jawab mereka secara mengagumkan, dan dapat mendisiplinkan diri sendiri secara efektif.

Mereka adalah orang-orang yang akan mempertanggungjawabkan pendapat mereka dan memiliki alasan-alasan bagi segala hal yang mereka lakukan. Meskipun mereka mungkin bertindak dengan perlahan, namun biasanya mencapai hasil yang memuaskan dan bertahan lama. Mereka yang termasuk dalam unsur ini umumnya konservatif dan berhati-hati. Kelemahan mereka adalah kurangnya daya khayal, terlalu egois, dan menyukai gaya hidup rutinitas

 

 

SHIO APAKAH SAYA ?

Pedoman menentukan shio secara akurat


Seperti ulasan kami sebelumnya sebagian terjadi kesalahan untuk menentukan Shio kelahirannya, yang diakibatkan mengacu pada penanggalan Yin Li (Imlek), sementara untuk hasil yang presisi dan akurat untuk penentuan shio kelahiran haruslah bedasarkan penanggalan Xia yang ada sejak Dinasti Xia (2100 –1600 SM). Juga sebagai pedoman atau landasan dalam perhitungan Ba Zi & Zi Wei Do Shu yakni : metode untuk menganalisa karakter/sifat, potensi, kelamhan dan perjalanan hidup manusia .
Berikut kami lampirkan tabel penentuan Shio berdasarkan kalender Xia.
Tabel ini menggunakan sistem Li She Hua Jia / 60 kombinasi Tiang langit dan Cabang Bumi dan perubahannya yang digunakan sejak dinasti Xia, yang kebenarannya untuk menganalisa sifat dan perubahan alam semesta berdasarkan perubahan waktu . Dimana metode ini sudah ribuan tahun digunakan dan teruji seiring perjalanan waktu sampai sekarang.
Contoh Penentuan Shio Menggunakan Kalender Xia Tahun 2007
Tiang Langit 10 elemen (Yin Yang Wuxing)
API (-) (Ding)
Cabang Bumi 12 Di Zi (Disimbolkan sebagai Shio )
BABI (HAI)
Elemen Perubahan (5 Elemen )
TANAH
Maka penyebutan untuk thn 2007 Adalah : Babi Tanah
Contoh mencari shio :
Si Banu lahir tanggal 5 Februari 2002 , Shio apakah Si Banu ?
Pada tabel :
Tiang langit : AIR POSITIF ( XIN)
Cabang Bumi : KUDA (WU)
Elemen Perubahan : KAYU
Maka Shio Kelahiran Si Banu adalah: SHIO KUDA KAYU, walaupun menurut kalender Imlek pergantian tahun baru pada tanggal 12 Februari 2002, Si Banu sudah masuk Shio Kuda bukan Shio Ular

Untuk menentukan tergolong Shio apakah anda silahkan melihat Tabel dibawah
TABEL PENENTUAN SHIO SECARA AKURAT (Berdasarkan Kalender Xia)
TAHUN MULAI BERKUASA 10 TIANG LANGIT 12 CABANG BUMI ELEMEN PERUBAHAN

(sesuai Li Chuen) Ind (Tian Gan) Shio (Di zi) Nayin
1930 4-Feb LOGAM + GENG KUDA Wu Tanah
1931 5-Feb LOGAM - XIN KAMBING Wei Tanah
1932 5-Feb AIR + REN MONYET Shen Logam
1933 4-Feb AIR - GUI AYAM Yu Logam
1934 4-Feb KAYU + JIA ANJING Xu Api
1935 5-Feb KAYU - YI BABI Hai Api
1936 5-Feb API + BING TIKUS Zi Air
1937 4-Feb API - DING KERBAU Chou Air
1938 4-Feb TANAH + WU MACAN Yin Tanah
1939 5-Feb TANAH - JI KELINCI Mou Tanah
1940 5-Feb LOGAM + GENG NAGA Chen Logam
1941 4-Feb LOGAM - XIN ULAR Si Logam
1942 4-Feb AIR + REN KUDA Wu Kayu
1943 5-Feb AIR - GUI KAMBING Wei Kayu
1944 5-Feb KAYU + JIA MONYET Shen Air
1945 4-Feb KAYU - YI AYAM Yu Air
1946 4-Feb API + BING ANJING Xu Tanah
1947 4-Feb API - DING BABI Hai Tanah
1948 5-Feb TANAH + WU TIKUS Zi Api
1949 4-Feb TANAH - JI KERBAU Chou Api
1950 4-Feb LOGAM + GENG MACAN Yin Kayu
1951 4-Feb LOGAM - XIN KELINCI Mou Kayu
1952 5-Feb AIR + REN NAGA Chen Air
1953 4-Feb AIR - GUI ULAR Si Air
1954 4-Feb KAYU + JIA KUDA Wu Logam
1955 4-Feb KAYU - YI KAMBING Wei Logam
1956 5-Feb API + BING MONYET Shen Api
1957 4-Feb API - DING AYAM Yu Api
1958 4-Feb TANAH + WU ANJING Xu Kayu
1959 4-Feb TANAH - JI BABI Hai Kayu
1960 5-Feb LOGAM + GENG TIKUS Zi Tanah
1961 4-Feb LOGAM - XIN KERBAU Chou Tanah
1962 4-Feb AIR + REN MACAN Yin Logam
1963 4-Feb AIR - GUI KELINCI Mou Logam
1964 5-Feb KAYU + JIA NAGA Chen Api
1965 4-Feb KAYU - YI ULAR Si Api
1966 4-Feb API + BING KUDA Wu Air
1967 4-Feb API - DING KAMBING Wei Air
1968 5-Feb TANAH + WU MONYET Shen Tanah
1969 4-Feb TANAH - JI AYAM Yu Tanah
1970 4-Feb LOGAM + GENG ANJING Xu Logam
1971 4-Feb LOGAM - XIN BABI Hai Logam
1972 5-Feb AIR + REN TIKUS Zi Kayu
1973 4-Feb AIR - GUI KERBAU Chou Kayu
1974 4-Feb KAYU + JIA MACAN Yin Air
1975 4-Feb KAYU - YI KELINCI Mou Air
1976 5-Feb API + BING NAGA Chen Tanah
1977 4-Feb API - DING ULAR Si Tanah
1978 4-Feb TANAH + WU KUDA Wu Api
1979 4-Feb TANAH - JI KAMBING Wei Api
1980 5-Feb LOGAM + GENG MONYET Shen Kayu
1981 4-Feb LOGAM - XIN AYAM Yu Kayu
1982 4-Feb AIR + REN ANJING Xu Air
1983 4-Feb AIR - GUI BABI Hai Air
1984 4-Feb KAYU + JIA TIKUS Zi Logam
1985 4-Feb KAYU - YI KERBAU Chou Logam
1986 4-Feb API + BING MACAN Yin Api
1987 4-Feb API - DING KELINCI Mou Api
1988 4-Feb TANAH + WU NAGA Chen Kayu
1989 4-Feb TANAH - JI ULAR Si Kayu
1990 4-Feb LOGAM + GENG KUDA Wu Tanah
1991 4-Feb LOGAM - XIN KAMBING Wei Tanah
1992 4-Feb AIR + REN MONYET Shen Logam
1993 4-Feb AIR - GUI AYAM Yu Logam
1994 4-Feb KAYU + JIA ANJING Xu Api
1995 4-Feb KAYU - YI BABI Hai Api
1996 4-Feb API + BING TIKUS Zi Air
1997 4-Feb API - DING KERBAU Chou Air
1998 4-Feb TANAH + WU MACAN Yin Tanah
1999 4-Feb TANAH - JI KELINCI Mou Tanah
2000 4-Feb LOGAM + GENG NAGA Chen Logam
2001 4-Feb LOGAM - XIN ULAR Si Logam
2002 4-Feb AIR + REN KUDA Wu Kayu
2003 4-Feb AIR - GUI KAMBING Wei Kayu
2004 4-Feb KAYU + JIA MONYET Shen Air
2005 4-Feb KAYU - YI AYAM Yu Air
2006 4-Feb API + BING ANJING Xu Tanah
2007 4-Feb API - DING BABI Hai Tanah
2008 4-Feb TANAH + WU TIKUS Zi Api
2009 4-Feb TANAH - JI KERBAU Chou Api
2010 4-Feb LOGAM + GENG MACAN Yin Kayu
2011 4-Feb LOGAM - XIN KELINCI Mou Kayu
2012 4-Feb AIR + REN NAGA Chen Air
2013 4-Feb AIR - GUI ULAR Si Air
2014 4-Feb KAYU + JIA KUDA Wu Logam
2015 4-Feb KAYU - YI KAMBING Wei Logam
2016 4-Feb API + BING MONYET Shen Api
2017 3-Feb API - DING AYAM Yu Api
2018 4-Feb TANAH + WU ANJING Xu Kayu
2019 4-Feb TANAH - JI BABI Hai Kayu

1 komentar:

  1. Apa bedanya unsur dalam tiang langit dengan unsur dalam elemen perubahan ?
    Sifat2 5 unsur yang dijabarkan di atas tersebut, adalah menurut tiang langit atau elemen perubahan ?

    BalasHapus